Rabu, 05 September 2012

Sains Terapan Karya Anak SD

indosiar.com, Solo - Puluhan siswa SD di Solo, Jawa Tengah berunjuk kebolehan dengan menampilkan kreasi sains dan seni. Meski masih anak-anak namun mereka mampu menciptakan karya sains tarapan yang original.
Sedikitnya 14 karya sains dan puluhan karya seni hasil kreasi anak yan dipamerkan. Sepintas karya sains dan teknologi yang mereka ciptakan ini terlihat sederhana. Namun karya-karya ini ternyata mempunyai kegunaan yang luar biasa.
Menariknya, karya para siswa ini berkisar pada hal-hal yang ada disekitar kita. Misalnya charger handphone dengan tenaga angin, kompor tenaga surya serta replika cara kerja paru-paru.
Dalam pameran ini ini para siswa pun terlihat lancar menjelaskan cara kerja karyanya. Ahmad, siswa kelas 4 SD Al Firdaus misalnya, menjelaskan tentang cara kerja charger handphone tenaga angin ciptaannya.
Karya lain yang cukup menarik adalah kompor tenaga matahari. Karya Muhammad Nur, siswa kelas 4 SD berupa kotak yang dilapisi kertas aluminium. Kompor akan berfungsi jika diletakkan dibawah terik matahari.
Selain sains dan teknologi, para siswa juga memamerkan karya seni hasil kreasi mereka antara lain topeng, lukisan dalam sovenir, serta bermacam pernak pernik hiasan dinding. Pameran yang digelar di Balai Sujatmika Jalan Slamet Riyadi Solo ini bertujuan memajang hasil kreasi dan potensi anak-anak. (Danuk Nugroho Adi/Sup/Ijs)
posting by: http://www.indosiar.com/ragam/sains-terapan-karya-anak-sd_68352.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar