Kamis, 20 Desember 2012

SISTEM GERAK DAN KELAINANNYA PADA MANUSIA MENURUT AL-QUR’AN DAN HIKMAH GERAKAN SHOLAT



SISTEM GERAK DAN KELAINANNYA PADA MANUSIA MENURUT AL-QUR’AN DAN HIKMAH GERAKAN SHOLAT


Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Individu
Mata Kuliah Keterpaduan Islam dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
Dosen pengampu: Edy Candra,S.Si, MA.



Logo IAIN CIREBON



Disusun oleh:
IRA CINDRIANA
NIM: 59461240

Biologi C/VII




JURUSAN IPA BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SHEKH NURJATI CIREBON
2012

SISTEM GERAK DAN KELAINANNYA PADA MANUSIA MENURUT AL-QUR’AN DAN HIKMAH GERAKAN SHOLAT

A.           Pengertian System Rangka Pada Manusia
          Manusia diciptakan oleh Allah SWT  bermacam-macam bentuk dan disamping itu Allah menciptakan rangka pada manusia agar manusia mempunyai bentuk  misalnya manusia tidak mempunyai rangka bagaikan satu tumpukan daging yang tidak mempunyai bentuk oleh karena itu Allah menciptakan rangka pada manusia fungsinya adalah untuk menjadi bentuk tubuh pada manusia berkaitan dengan ini Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Qiamah ayat 3-4 yang berbunyi .
Ü=|¡øtsr& ß`»|¡RM}$# `©9r& yìyJøgªU ¼çmtB$sàÏã ÇÌÈ   4n?t/ tûïÍÏ»s% #n?tã br& yÈhq|¡S ¼çmtR$uZt/ ÇÍÈ  
          “Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya?. Bukan demikian, sebenarnya Kami Kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna”.
          Rangka pada manusia tersusun atas tulang yang beraneka ragam untuk yang saling berhubungan. Jadi tulang adalah bagian-bagian yang menyusun rangka hubungan antar tulang membentuk sendi, rangka pada manusia dibedakan menjadi 2 yaitu tengkorak dan rangka badan.
a.    Tengkorak
         Tengkorak merupakan alat gerak yang paling atas diciptakan oleh Allah SWT dan didalamnya terdapat urat saraf dan otak manusi. Jadi tengkorak sebagian besar tersusun atas tulang dan tulang tersebut bersinambungan sedemikian rupa sehingga membentuk rongga didalamnya tersimpan otak manusia.
b.     Rangka Badan
         Rangka badan sangat mempengaruhi manusia dan disitu banyak terdapat tulang penyusun rangka. Rangka badan meliputi ruas-ruas tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang gelang bahu, tulang gelang pinggul. Dan tulang belakang, tulang rusuk, dan tulang dada membentuk rongga dada yang berfungsi untuk melindungi jantung dan paru-paru.
1.Fungsi Tulang
         Allah menciptakan manusia itu dengan sempurna dan telah menyusun tulang tengkorak, rangka badan dan setelah itu Allah menciptakan tulang beserta fungsinya bagi manusia. Rangka pada manusia tersusun atas tulang dan tulang tersebut mempunyai bentuk yang beraneka ragam bentuk yang fungsinya sebagai berikut :
1)   Untuk menggerakkan rangka badan misalnya tengkorak memberi bentuk wajah.
2)   Untuk memberi bentuk badan misalnya ruas tulang belakang.
3)   Untuk melindungi bagian yang penting misalnya tengkorak melindungi otak dan mata dan tulang rusuk yang melindungi jantung dan paru-paru.
4)   Sebagai tempat melekatnya otot.
5)   Sebagai tempat pembuatan sel darah merah dan sel darah putih khususnya dalam sumsum tulang.
2.Macam Tulang Berdasarkan Bentuk
         Banyak kita lihat pada manusia bahwa tulangnya bermacam-macam bentuk lalu Allah menciptakan tulang berdasarkan bentuknya. Adapun tulang tersebut dibedakan menjadi 3 yaitu :
1)     Tulang pipa
         Tulang pipa bentuknya seperti pipa yaitu memanjang dan bagian tengahnya berlubang dan didalamnya berisi sumsum kuning dan sumsum merah.
2)     Tulang pipih.
         Tulang pipih berbentuk pipih didalamnya terdapat sumsum merah. Sumsum merah merupakan tempat pembuatan sel darah merah dan sel darah putih.
c. Tulang Pendek
         Tulang pendek berbentuk pendek diruas tulang terdapat sumsum merah. Berdasarkan bentuk tulang ini Allah juga berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-mu’minun ayat 14.

¢OèO $uZø)n=yz spxÿôÜZ9$# Zps)n=tæ $uZø)n=ysù sps)n=yèø9$# ZptóôÒãB $uZø)n=ysù sptóôÒßJø9$# $VJ»sàÏã $tRöq|¡s3sù zO»sàÏèø9$# $VJøtm: ¢OèO çm»tRù't±Sr& $¸)ù=yz tyz#uä 4 x8u$t7tFsù ª!$# ß`|¡ômr& tûüÉ)Î=»sƒø:$# ÇÊÍÈ  
         “Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan Dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik”.

B.            Struktur Otot
          Allah SWT  menciptakan  manusia bermacam-macam bentuk dan menciptakan otot  manusia fungsinya untuk menggerakkan tulang pada manusia. Otot merupakan alat gerak aktif yang menggerakkan rangka dan tulang  otot penggerak rangka pada tubuh dikenal sebagai daging dan otot jantung otot dapat berkontraksi karena adanya energy berupa ATP (adenosine trifosfat) yang diperoleh dari hasil oksidasi makanan terutama karbohidrat dan lemak.
a.      Macam-Macam Otot
            Didalam tubuh manusia terdapat tulang otot yang berfungsi untuk menggerakkan tulang  adapun otot  tersusun  atas sel-sel dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
1.      Otot lurik
            Otot lurik disebut karena isinya dilihat  dengan microskop bergaris melintang. Cirinya: jika dilihat dengan microskop  tampak garis melintang yang tersusun atas daerah gelap dan terang.
2.      Otot polos
            Jika diamati dengan microskop, sel ini polos dan tidak dapat bergaris melintang. Cirinya : tidak dapat bergaris melintang (polos).
3.      Otot jantung
            Otot jantung terdapat pada jantung struktur. Otot jantung sama dengan otot lurik  yaitu bergaris melintang tetapi sel otot jantung bercabang.

b.      Kerja Otot
            Sel otot mempunyai kemampuan berkontraksi. Berkontraksi adalah melakukan pengerutan sehingga otot mengeluarkan relaksi. Relaksi adalah melakukan pengendoran sehingga otot memanjang. Otot memiliki tenaga mekanis untuk penggerakan tenaga ini diperoleh dari proses pernafasan sel.
            Jika otot berkontraksi otot memendek dan bagian tengahnya mengembung pada saat itulah dikatakan otot sedang berkerja berdasarkan tujuan dan kerja otot dibedakan menjadi 2 yaitu otot antar gonis dan otot sinergis.
1.      Otot antar gonis
            Otot antar gonis adalah dua otot atau lebih yang bertujuan kerja berlawanan. Misalnya: jika otot pertama berkontraksi dan otot kedua berelaksi akan menyebabkan tulang tertarik.
2.      Otot sinergis
            Otot sinergis adalah dua otot atau lebih yang bertujuan kerja sama dengan tujuan yang  sama. Jadi otot berkontraksi dan berelaksi bersama.

C.                System Gerak Pada Manusia Dan Bagaimana Cara Geraknya
            Sistem gerak meliputi alat gerak pasif dan otot sebagai alat gerak aktif. Mengapa manusia dapat bergerak….?  Bagian atau organ tubuh yang dapat menggerakkan manusia dapat bergerak adalah tulang dan otot. Kerja dari otot-otot tubuh dapat menimbulkan gerak harus diatur oleh sistem saraf. Otot dapat berkontraksi (memendek) dan berelaksi (memanjang) sehingga disebut alat gerak aktif. Dan tulang merupakan alat gerak pasif karena geraknya tergantung pada gerak otot .
            Suatu gerak biasanya tidak dilakukan oleh macam otot dalam melakukan gerakan tersebut. Otot ada yang bergerak saling mendukung artinya bergerak dalam satu arah dan adapula bergerak yang berlawanan artinya bergerak dalam berlawanan erak otot. Otot pendukungnya bergerak saling mendukung dinamakan gerak sinergis sedangkan gerak saling mendukung disebut gerak antar gonis.
a.      Cara Gerak
            Dalam system gerak pada manusia ada beberapa cara. Adapun cara tersebut terbagi dua yaitu gerak sinergis dan gerak antar gonis.
1.      Gerak sinergis
            Gerak ini terjadi sekelompok otot sama berkontraksi dan sama berelaksi akibat kondisi ini maka akan terjadi satu gerak bagian tubuh. Contohnya: gerak otot punggung dan gerak otot leher.
2.      Gerak antar gonis
            Gerak ini jika sebuah otot yang melekat pada tulang yang sama berkontraksi sementara otot sebagiannya pasangan berelaksi. Contohnya : gerak siku dan lutut di lengan terdapat otot bisep dan trisep akan berelaksi begitu juga sebaliknya.

D.                Kelainan Penyakit Pada Sistem Gerak Menurut Al-Qur’an
a.      Kelainan Sejak Lahir
            Allah SWT telah menciptakan makhluk hidup yaitu manusia dengan sempurna dan itu merupakan ciptaan Allah yang sempurna dan manusia ini dijadikan dari air mani yang hina diantara ciptaan Allah pasti ada keajaiban dan kelainan penyakit pada tubuhnya khususnya alat gerak manusia.
            Tiap-tiap manusia mempunyai alat gerak dan pada tiap alat gerak manusia pasti ada kelainan pada sistem gerak manusia dapat disebabkan beberapa factor misalnya kelainan gangguan karena sejak lahir infeksi tulang otot, pada makanan kekurangan vitaminnya dan kebiasaan tubuh yang salah.
            Kelainan sejak lahir artinya kelainan yang dibawa dari dalam kandungan misalnya ketika lahir seorang anak telah mengalami kelainan tulang (cacat) penyebab karena sang ibunya terjatuh atau sang ibu makan makanan yang kurang  mengandung vitamin D dan zat kapur atau karena factor keturunan. Adapun bentuk kelainan factor keturunan misalnya ketika lahir seorang anak kakinya berbentuk X atau O atau sejajar.
            Dalam hal keturunan ini Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat As-sajdah ayat 7-8 yang berbunyi :
 üÏ%©!$# z`|¡ômr& ¨@ä. >äóÓx« ¼çms)n=yz ( r&yt/ur t,ù=yz Ç`»|¡SM}$# `ÏB &ûüÏÛ ÇÐÈ   ¢OèO Ÿ@yèy_ ¼ã&s#ó¡nS `ÏB 7's#»n=ß `ÏiB &ä!$¨B &ûüÎg¨B ÇÑÈ  
            “Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina”.
b.      Gangguan Infeksi
            Banyak orang berpendapat bahwa  itu penyakit pada luka tapi infeksi tersebut dapat menyebabkan gangguan pada tulang dan otot. Gangguan infeksi tersebut  dibedakan menjadi  5 yaitu meliputi ethritis eksudatif, athitis sika, sakit pada lutut, kaku pada sendi dan tulang mengecil.
1.      Athitis eksudatif yaitu rasa nyeri pada tulang ketika digerakkan akibat kelainan pada selaput sendi
2.      Athitis sika  rasa nyeri pada tulang sewaktu digerakkan kekurangan cairan (pelumas sendi)
3.      Rasa sakit pada sendi lutut dan pangkal paha berupa infeksi yang mengeluarkan nanah dan rasa sakit ini disebabkan serangan penyakit kelamin( goronea dan sifilis )
4.      Sendi rasa kaku akibat kronus dan kritis oleh beberapa penyakit
5.      Tulang yang mengecil dan abnormal akibat serangan penyakit polio pada anak yang disebabkan oleh virus.
c.       Kebiasaan Posisi Tubuh Yang Salah
            Kebiasaan ini terjadi pada tulang belakang disebabkan kesalahan posisi tubuh yang salah atau posisi duduk yang tidak tepat yang berlangsung pada waktu yang lama pada suatu masa pertumbuhan anak kelainan bentuk belakang ini dibedakan menjadi 3 yaitu:
1.      Kifosis Yaitu kelainan karena ruas tulang belakang tertarik atau melengkung kebelakang
2.      Lordosis yaitu kelainan karena ruas tulang belakang tertarik atau melengkung kedepan
3.      Skoliosis yaitu kelainan karena ruas tulang belakang tertarik atau melengkung kekanan atau kekiri.



d.      Dasar Penyakit Pada System Gerak
            Banyak orang dilondon 1 juta lebih orang yang terkena penyakit khususnya pada system gerak manusia sehingga orang banyak cacat atau system geraknya terganggu. Menurut Sir james Mackenzie M.D seorang dokter yang mempunyai klinik yang masyhur di london jalan Harley street London mengatakan bahwa kebanyakan pasien sudah sampai ketahap kesimpulan artinya sudah kronis atau kritis setelah meninjau dengan teliti dalam pengalamannya sebagai seorang docter dan dia banyak pasien yang menderita bemacam-macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit pada system gerak.
            Penyakit adalah akibat suatu proses yang lama sejak waktu kecil dan akhirya ketahap dimana itu penuh dengan toksin sebab utama penyakit adalah makanan yang tidak betul, cara hidup dan fikiran. Toksin yang ditemukan pada saat sendi akan menjadi penyakit athitis dan apabila dipadati pada hari yang menyebabkan hepathitis sedangkan dibuah pinggang menyebabkan penyakit hepathitis begitu juga ditemukan pada kulit menyebabkan penyakit delmatitis, dipangkreas menyebabkan hephititis begitu juga toksin yang ditemukan pada kulit menyebabkan penyakit delmatitis dipangkreas menyebabkan timbulnya diabetes dan pada otak penyebabkan penyakit mental.

E.                 Hikmah Gerakan Sholat
#sŒÎ*sù ÞOçFøŠŸÒs% no4qn=¢Á9$# (#rãà2øŒ$$sù ©!$# $VJ»uŠÏ% #YŠqãèè%ur 4n?tãur öNà6Î/qãZã_ 4 #sŒÎ*sù öNçGYtRù'yJôÛ$# (#qßJŠÏ%r'sù no4qn=¢Á9$# 4 ¨bÎ) no4qn=¢Á9$# ôMtR%x. n?tã šúüÏZÏB÷sßJø9$# $Y7»tFÏ. $Y?qè%öq¨B ÇÊÉÌÈ  
            “Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. kemudian apabila kamu telah merasa aman, Maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”.
a.      Takbir (Mengangkat Tangan)
            Memberikan aliran darah dari pembuluh balik yang terdapat di lengan untuk diisi ke mata, telinga, mulut.
b.      Sedekap (Pengisian Pembuluh Darah di Organ-organ Kepala)
            Menjepit pembuluh darah balik pada lengan kiri sehingga pembuluh darah ditangan kanan akan mengembang. Pada saat mengangkat tangan mau rukuk semprotan pembuluh darah berkecepatan tinggi di tangan kanan akan mengisi pembuluh darah yang ada di bagian kepala.
c.       Rukuk (Pelenturan Memori Otak dan Ginjal)
            Kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang, merupakan saraf sentral beserta sistem aliran darahnya. Rukuk yang sempurna akan menarik urat pinggang sehingga dapat mencegah sakit pinggang dan sakit ginjal. Tuas sitem keringat yang terdapat di pinggung, pinggang, paha, betis belakang, terpelihara oleh gerakan rukuk, dan tulang leher, serta saluran saraf memori juga terdapat kelenturannya.
d.      I’tidal (Mencegah Sakit Kepala dan Pinggang)
            Posisi I’tidal bangun dari rukuk membuat aliran darah turun langsung dari kepala, menyebabkan bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya. Sehingga dapat mencegah saraf keseimbangan tubuh kita sangat berguna untuk menghilangkan sakit kepala dan pingsan dengan tiba-tiba.
e.       Sujud (Pencegahan Koroner dan Stroke)
            Pada saat sujud pembuluh darah nadi balik, dikunci dipangkal paha, sehingga tekanan darah akan lebih banyak dialirkan kembali ke jantung dan dipompa ke kepala.
            Posisi sujud adalah cara yang maksimal untuk mengalirkan darah dan oksigen ke otak dan anggota tubuh di kepala. Posisi sujud adalah teknik terbaik untuk membongkar sumbatan pembuluh darah jantung sehingga mencegah koroner. Juga membuat pembuluh darah halus di otak mendapat tekanan lebih, sehingga bisa mencegah stroke.
f.       Duduk 2 Sujud (Duduk Perkasa)
            Tekukan kaki dan jari kaki dapat menyeimbangkan sistem elektrik dan saraf keseimbangan tubuh kita. Posisi duduk 2 sujud memperbaiki dan menjaga kelenturan saraf keperkasaan yang banyak terdapat pada bagian paha dalam, cekungan lutut sampai ibu jari kaki. Akibat lenturnya saraf keperkasaan ini akan mencegah penyakit diabetes, prostate dan hernia.
g.      Duduk Tahiyyat Awal (Duduk Pembakaran)
            Posisi duduk ini jika agak lama sehingga lipatan paha dan betis bertemu, akan mengaktifkan kelenjar keringat sehingga dapat mencegah pengapuran. Pembuluh darah balik di atas pangkal kaki tertekan sehingga darah akan memenuhi seluruh telapak kaki meyebabkan pembuluh darah di pangkal kaki mengembang. Gerakan ini akan menjaga agar kaki optimal menopang tubuh kita.
h.      Duduk Tasyahhud Akhir (Keseimbangan Saraf dan Penyembuhan Wasir)
            Posisi duduk ini lebih baik dari bersila. Dalam ilmu yoga kalau pergelangan kaki akan dipegang, lalu tekan diarea cekungan akan berguna untuk membongkar pengapuran dikaki kiri. Duduk ini membuat saraf keseimbangan yang berhubungan dengan saraf mata akan terjaga dengan baik.
i.        Salam (Terapi Penyakit Kepala)
            Gerakan salam jika dilakukan secara maksimal, bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Berkat kontraksi otot-otot di kepala dihasilkan energi panas dan zat-zat yang diperlukan untuk rehabilitasi jaringan yang rusak. Salam kanan dan kiri secara maksimal, mencegah penyakit kepal dan tengkuk kaku.













DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an dan terjemah. 2008. Jakarta: CV Karya Insane Indonesia Nanggroe Aceh Darussalam.
Beiler H.G Colombia encyicpedia 1975 culumbya unyvercity press.
http.//gerakan sholat/artikel_view.asp.htm. (diakses tanggal 01 Desember 2012)
Istamar Syamsuri, Suli Surijono dan Sefia Every Rahayu. 2006. IPA Biologi Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kamus Al-mufid 0.1 libanon 1986
Muhammad Salman Ahyar. 2004. Biologi SMA Kelas XI Semester 1. Jakarta: PT. Garindo Media Pratama.
Nunung Nurhati. 2005. Kompotensi IPA BIOLOGI. Bandung: Yrama Widya.
Prof.Drs.H. Mahmud Yunus. 1989. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: PT. Hidakarya Agung.
Saiful Karim, Ida Kurniawati, Yuli Nurul Fauziah dan Wahyu Supardi. Belajar IPA Membuka Cakra Alam Sekitar. Jakarta. 2008.
Sri Pujinto. 2008. Khazanah Pengetahuan Biologi 2 Untuk Sma XI. Solo.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar